Senin, 30 Juli 2018

Kirana and Happy Little World: Sahabat Kecil yang Berbagi Cinta

Posted by Melani Ivi | 11:54:00 AM Categories:
Judul buku      : Kirana & Happy Little World
Cerita             : Retno Hening Palupi
Ilustrator dan desain sampul : Isnina Aryani Hasanah
Editor             : Tesara Rafiantika
Penerbit          : GagasMedia
Cetakan          : pertama, 2018
Tebal buku      : iv + 172 hlm; 13 x 19 cm
ISBN               : 978-979-780-916

BLURB:
    Dari sekian banyak tingkah ajaib anak, pasti akan selalu ada yang terkenang di hati. Entah terlalu jenaka atau mengurut dada. Namun, kita sering kali lupa bahwa dari mereka jugalah banyak pelajaran hidup yang bisa kita dapatkan.

    Kirana & Happy Little World bukan hanya potongan adegan kehidupan seorang anak jenaka, tetapi juga “sahabat kecil” semua orang yang sedang belajar mensyukuri hidup dan berbagi dengan orang lain. “Sahabat Kecil” yang bercerita bagaimana orangtua dan anak tumbuh bersama dalam cinta.

SINOPSIS dan REVIEW:
    “Kelak ketika Kirana dewasa, Kirana akan tahu banyak hal tentang berbagi. Berbagi cerita atau kabar baik kepada orang-orang yang menyayangi Kirana, misalnya. Sampai saai itu tiba, biar kita nikmati keindahan berbagi dari hal-hal sederhana... “

    Buku kedua dari Ibuk Retno Hening ini masih mengambil tema pengasuhan anak, lewat berbagi kisah keseharian bersama sang putri, Kirana. Tapi alih-alih berbentuk buku dengan narasi seperti di buku pertama, kali ini cerita berwujud komik lengkap dengan ilustrasi berwarna-warni. Berisi sejumlah judul cerita, ada berbagai sisi kehidupan sehari-hari Kirana dan Ibuk yang seru diceritakan, meskipun terkesan sederhana dan tak beda dengan keseharian keluarga lain.

    Ada kisah kebersamaan Ibuk dan Kirana di dapur ketika menyiapkan masakan dan membuat kue. Dikisahkan bagaimana Ibuk tetap bisa menyelesaikan tugas rumah tangga tanpa melupakan pengawasan terhadap Kirana, dengan cara melibatkan si cilik dalam aktivitas—meski hanya tugas ringan—lantas memberikan kesibukan positif lain yang tetap dapat dipantau. Ibuk juga mengajarkan lewat tindakan nyata mengenai pentingnya berbagi, meskipun hanya sepotong kue atau sekotak jus. Alhasil, Kirana lebih peka terhadap orang sekitar. Teladan menyayangi sesama juga tampak lewat pergaulan baik Kirana dengan teman-teman sebaya, juga rasa sayang terhadap binatang peliharaan. Kirana bahkan paham tentang pentingnya menjaga kebersihan, tak hanya di rumah tapi juga di tempat umum. Juga mengenal adab bersepatu dan berdoa menjelang tidur. Tapi sebagai anak-anak, tetap terkadang tak lepas dari tingkah ‘ajaib’ yang butuh perhatian lebih Ibuk, terlebih lagi menjelang kehadiran adik baru. Sisi kekanakan juga ditunjukkan dalam kisah bersama teman yang awalnya sedikit cekcok tapi dengan mudah berubah ceria kembali.

    Maka memang benarlah bahwa anak adalah sosok manusia paling naif, paling jujur, dan paling tulus. Dalam dunia anak, rasanya sungguh sederhana memandang berbagai hal, sehingga tak ada waktu untuk berlama-lama meratapi ketidakberuntungan atau menyimpan amarah. Dunia yang masih menyenangkan seperti sedang bermain. Karena itulah, Ibuk memberi contoh nyata bahwa mengasuh dan mendidik anak, meskipun tidaklah mudah tapi tetap bisa dibawa ‘fun’. Yang paling penting dalam pendidikan anak adalah keteladanan. Agar anak tumbuh menjadi pribadi yang baik, maka orangtua wajib memberi contoh nyata kebaikan dalam segala hal, tak melulu perkataan. Teori parenting memang penting, tapi aplikasinya jauh lebih utama. Kurang lebih itu yang dapat saya ambil dari kisah-kisah dalam buku ini.

    Buku yang menarik, pun tetap mengandung sederet pesan kebaikan, baik untuk anak, orangtua, maupun yang belum menjadi orangtua. Benar-benar ‘sahabat kecil’ yang berbagi cinta dan kebaikan bersama. Recommended. 

    “Ibu, kadang kita sulit menemukan waktu untuk melakukan hal yang kita senangi. Kadang jenuh dengan rutinitas sehari-hari. Namun, jalanilah semuanya dengan sabar dan ikhlas. Bersyukurlah Allah menitipkan kepada kita sebidang pahala bernama keluarga.” 


   



Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube